Mahasiswa FKOM Dominasi Program MSIB MBKM Batch II

Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu program prioritas yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A dimana program ini bertujuan untuk dapat mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan diluar program studi sebagai bekal mereka setelah lulus melaksanakan perkuliahan untuk memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama, mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi. Bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020.

Universitas Kuningan beranggapan bahwa dengan adanya Kebijakan Program ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan Perguruan Tinggi dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif sehingga mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan sesuai dengan perkembangan serta kebutuhan pada perusahaan atau mitra. Untuk itu dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Program ini merupakan wujud pembelajaran di berbagai Perguruan Tinggi yang otonom dan fleksibel sesuai yang diharapkan sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa setelah lulus sesuai dengan kebutuhan lapangan pekerjaan.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memiliki beberapa program turunan yaitu salah satunya adalah Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), program ini termasuk kedalam salah satu dari program MBKM yang dapat memaksimalkan serta mempercepat capaian dari tujuan pada utama dari program MBKM, dimana program MSIB ini dilaksanakan dengan durasi waktu selama 1 (satu) semester yang dapat dikonversi atau diakui setara dengan 20 (dua puluh) Satuan Kredit Semester (SKS) atau 2 (dua) semester yang dapat disetarakan dengan 40 (empat puluh) SKS. Pada program ini mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan magang atau studi independen secara langsung di penyelenggara program (Mitra Program MSIB) dimana tempat penyelenggara atau mitra MSIB ini dapat dipilih langsung sesuai dengan minat masing-masing mahasiswa sebagai calon peserta pada saat awal melakukan pendaftaran, skema program MSIB dibagi menjadi 3 (tiga) aspek terdiri dari 45% berdasarkan aspek  pengetahuan, 45% kemampuan dan 10% sikap, aspek tersebut berdasarkan pada tempat mitra industri agar mendapatkan talenta terbaik sehingga apabila peserta tersebut memenuhi ke 3 (tiga) aspek, kedepan memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima atau peluang untuk langsung direkrut oleh mitra sebagai karyawan, bagi mitra program ini secara tidak langsung dapat mengurangi biaya rekrutmen dan training awal/induksi, karena mahasiswa terlibat langsung dalam aktivitas internal institusi tempat magang  karena sudah dapat dilihat serta dievaluasi oleh mitra selama peserta mengikuti program tersebut selain itu mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas, memiliki gambaran nyata dunia bekerja yaitu Pengetahuan tentang praktik terbaik dalam Industri dan sektor yang diminati, serta dapat memperluas jaringan atau hubungan  dalam industri tempat magang.

Melihat dari hasil pada salinan keputusan Program MSIB Batch 2 ini Universitas Kuningan dapat mengirimkan perwakilan yang diterima dengan total sebanyak 22 Mahasiswa yang terdiri dari 4 mahasiswa sebagai peserta Magang Bersertifikat dan 18 mahasiswa sebagai peserta Studi Independen Bersertifikat. Dekan Fakultas Ilmu Komputer Tito Sugiharto, S.Kom, M.Eng. Merasa bangga terhadap partisipasi serta antusias yang dimiliki oleh mahasiswanya, karena dari 22 perwakilan mahasiswa Universitas Kuningan yang lolos sebagai peserta MSIB Batch II adalah hampir 90% merupakan mahasiswa perwakilan dari Fakultas Ilmu Komputer yang terdiri dari beberapa perwakilan Program Studi yaitu 4 mahasiswa dari Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), 3 mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika (TI) dan Program Studi Sistem Informasi (SI) diikuti oleh 10 Mahasiswa, ini menjadi sebuah prestasi karena mahasiswa FKOM mendominasi sebagian besar peserta MSIB Batch 2 ini. Saya berharap ini dapat dipertahankan serta ditingkatkan untuk kedepannya. Untuk itu kepada rekan-rekan mahasiswa agar dapat berpartisipasi dan  memaksimalkan program ini dengan baik sebagai bekal serta pengalaman, silahkan rekan-rekan mahasiswa dapat mempersiapkan pada program berikutnya silahkan dapat mengakses Informasi program  ini pada https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id atau pada media sosial yang dikelola langsung oleh Kampus Merdeka Merdeka Belajar (MBKM).