FKOM Gelar ToT Robotic Bersama PT. Racer Robotic Indonesia

FKOM_JUARA || Tanpa henti Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) terus melakukan upgrading bagi dosen dan mahasiswanya kali ini FKOM melaksanakan kegiatan “Training to Trainer (ToT) Robotic dengan menggandeng PT.Racer Robotic Indonesia. Kegiatan ToT ini di desain akan berlangsung selama dua (2) hari dengan diikuti oleh mahasiswa, dosen dan Guru SMK Mitra, kegiatan ini dipusatkan di Aula FKOM Uniku kampus II, Senin (10/10/2022) pagi.

Turut hadir, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Dekan FKOM Tito Sugiharto, M.Eng., Racer Robotic Indonesia Ahmad Fauzi, Wakil Dekan II Erik Kurniadi, M.Kom., pejabat struktural di lingkungan FKOM, guru SMK mitra, mahasiswa dan tamu undangan lainnya. Perwakilan Racer Robotik Indonesia Ahmad Fauzi, mengatakan, ucapan terimakasih disampaikan kepada FKOM Uniku yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dengan mengundang dan diterima sangat luar biasa. “Runtutan waktu yang cukup panjang dan berbenturan dengan kegiatan lainnya, sehingga FKOM baru hari ini dapat terealisasikan dan terlaksana,” ucapnya. Menurutnya, secara teknis pelatihan itu idealnya selama tiga (3) hari, namun karena banyaknya kegiatan di FKOM dipadatkan menjadi dua (2) hari dan itu juga sudah disepakati bersama,” ucapnya lagi.

Program kedepannya setelah selesai acara pelatihan ToT ini akan disiapkan event berupa kegiatan – kegiatan lainnya, “Ia berharap besar, semoga kedepannya Uniku dapat menyelenggarakan kegiatan atau event – event robotic dengan skala lokal maupun regional, bahkan bila perlu skala nasional. “Itu kiranya harapan besar kami kedepannya. Karena di wilayah Kabupaten Kuningan dan perguruan tinggi mungkin baru Uniku. Untuk wilayah Ciayumajakuning, baru Majalengka, Kuningan, Cirebon Kota dan Kabupaten,” harapnya.

Sedangkan, Dekan FKOM Tito Sugiharto, M.Eng., menyampaikan, ucapan selamat datang kepada tim Racer Robotik di kampus FKOM Uniku. “Terimakasih dan selamat datang saya sampaikan kepada seluruh tim Racer Robotic di kampus FKOM Uniku, Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk dari MoU yang sudah dilaksanakan antara Uniku, FKOM dan Racer Robotic. Selain pelaksanaan ToT terdapat program Magang bagi Mahasiswa, Dijelaskannya, ada empat (4) mahasiswa FKOM Uniku juga, pada hari ini yang akan berangkat untuk magang di Racer Robotic.
Tito yang sedang pendidikan jenjang S3 di Universitas Telkom, menyampaikan juga, ucapan terimakasih kepada Uniku atas dorongan dan dukungannya untuk merealisasikan program unggulan dari FKOM terkait program robotic.

“Kepada seluruh peserta kegiatan, semoga dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga kedepan akan menjadi instruktur atau pioner ke sekolah – sekolah terkait program robotic,”harap dosen jebolan Amikom Yogyakarta.
Sementara itu, Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, mudah – mudahan ini bisa menjadi titik awal mimpi selama kurang lebih 8 tahun dapat terealisasikan dan terwujud.

“Dahulu saya pernah mengatakan, bahwa bisa tidak Uniku melalui FKOM dapat menjadi yang pertama untuk merealisasikan program unggulan robotic. Dan, Alhamdulillah menuju ke arah situ perlahan – lahan mendapatkan titik terang dan optimis setelah sekian lama menanti,” tuturnya.

Berkat keinginan ini, sambung Dikdik menambahkan, maka dari itu direncanakan dengan membuat program unggulan setiap Fakultas disesuaikan dengan branding dan keilmuannya masing-masing.

“Salah satunya adalah program unggulan bagi FKOM yaitu robotic,” tambahnya menjelaskan.
Menurutnya, tantangan kedepan, para dosen dan mahasiswa agar didorong untuk mengahadapi perkembangan jaman agar dapat melakukan kreatifitas dan menyalurkan kompetensi di bidang IT, salah satunya adalah robotic.

“Ini bisa menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru untuk masuk ke FKOM Uniku dengan program robotic. Saya rasa kegiatan ini sangat penting dan agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Saya sangat mendukung kegiatan ini, selesai kegiatan ini tidak selesai begtu saja, namun harus ditindaklanjuti dengan menghasilkan sesuatu,” ucapnya. Setelah kegiatan ini, kata Dikdik, bisa kembali gali dan gagasan kreatifnya dengan dapat diwujudkan dalam bentuk produk robot yang bisa disertakan ke Robotic Indonesia.

“Jadi mahasiswa sekarang di FKOM Uniku, tidak lagi diarahkan untuk membuat game atau memodifikasi game, namun ada alternatif lainnya yaitu dengan membuat robotic. Alhamdulillah, dari game juga kita mampu berbicara dalam kejuaran di Yogyakarta. Saya yakin dan percaya, robotic juga nantinya kita mampu untuk berbicara dan membuktikannya,” katanya optimis.
Dikdik berharap, mudah – mudahan mimpi yang tertunda selama kurang lebih delapan (8) tahun yang lalu dapat segera terwujud. “Ikutin kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, tidak hanya sampai dengan pelatihan saja, namun diharapkan akan terus diteruskan dengan berbagai kelanjutannya,” pungkasnya penuh harap. ([email protected])